Jumat, 17 Oktober 2014

Terimakasih Atas Jasamu Menerangi Nusantara

Tidak ada komentar :
Pernahkah anda berpikir, apa yang akan terjadi jika hidup ini tidak terdapat aliran listrik?

Sebagian dari  anda pasti dengan sontak akan menjawab "Gelap...!!", memang demikian adanya, Di jaman teknologi sekarang ini peran listrik tidak dapat di pandang sebelah mata, maka tidak heran banyak orang yang mengatakan "Electric is everything", sebuah statement singkat dan penuh makna, memang peran listrik sangat crucial, seperti kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan listrik, sebagai contoh televisi tidak akan menyala tanpa adanya pasokan listrik, perusahaan-perusahaan membutuhkan listrik untuk kegiatan perusahaannya dan masih banyak lagi, dapat anda bayangkan bagimana jadinya jika mereka tidak memiliki aliran listrik, hal itu tentu akan merugikan mereka.


Pada Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengapresiasikan pendapat serta saran saya untuk PLN, agar bisa menjadi lebih baik masa yang akan datang, karena memang masa yang akan datang dapat diprediksikan berdasarkan dari pola pikir kita kemudian menjadi sebuah tindakan yang berlanjut dan pada akhirnya menjadi kebiasaan sehingga membentuk sebuah karakter yang melekat, karakter inilah jika dilakukan  berulang-ulang akan menentukan kondisi di masa mendatang. Adapun tujuan penulisan  artikel ini yaitu untuk berpartisipasi dalam Lomba Blog yang bertema “Ideku untuk PLN”.
Sebelum kita membahas secara luar tentang Perusahaan BUMN yang satu ini, alangkah baiknya mengetahui bagaimana peran listrik menerangi nusantara. Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkitan tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum dimulai sejak perusahaan swasta Belanda NV. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik, yang semula hanya bergerak di bidang gas. Kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan swastwa lainnya.Wikipedia.org).
Berbicara mengenai perusahaan anda pasti sudah pernah mendengar atau mungkin sudah cukup familiar dengan kata "PLN" Perusahaan Listrik Negara(disingkat PLN) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang khusus mengurusi bidang kelistrikan yang ada di Indonesia, sesuai dengan perannya di bidang listrik tentu saja main work perusahaan ini tidak akan  berkutat jauh dari dunia listrik di nusantara, cakupannya memang sangat luas, seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu Negara kepulauan, wilayahnya terbentang dari sabang sampai merauke setiap wilayah memiliki karakteristik geograpi yang berbeda-beda, tentu saja hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi personil PLN dalam melaksanakan pengabdian di nusantara.
Melihat dari fenomena di atas makannya tidak heran PLN memiliki sistem manajemen yang tingkat-tingkat namun tetap di bawah satu komando manajemen pusat, hal ini memudahkan personil PLN dalam memberikan layanan terbaik untuk negeri, tingkat tersebut yaitu : Kelompok Unit Wilayah, Kelompok Unit Distribusi,  Kelompok Unit Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban, Kelompok Unit Pembangkitan, Kelompok Unit Induk Proyek, Kelompok Unit Pusat dan Jasa.
Pepatah mengatakan "Tidak ada gading yang tak retak" Selayaknya manusia biasa PLN pun masih memiliki kekurangan yang mesti di perbaiki, tentu saja hal ini untuk mewujudkan PLN sebgai salah satu BUMN terbaik di masa depan. Berikut penulis paparkan :

1.      Pemanfaatan SDA secara maksimal untuk menjadi sumber pasokan listrik
Indonesia memiliki banyak kekayan Sumber Daya Alam yang berlimpah, baik itu perairan maupun daratan, hal ini bisa di manfaatkan oleh PLN untuk menjadikan sumber daya tersebut  sebagai salah satu sumber listrik agar tenaga listrik di nusantara dapat mengalir dengan stabil, jika hal ini konsisten terjadi maka kecil kemungkinan PLN akan menggunakan system pemadaman bergilir.
2.      Sosialisasi Pentingnya Hemat Listrik
Berbicara mengenai kata hemat, berarti kita berbicara mengenai cara untuk meminimalisasi  suatu perkara guna tercapainya tujuan bersama, hal ini juga berlaku untuk listrik, kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat luas tentang hal, ini sehingga banyak masyarakat yang acuh tentang arti pentingnya berhemat listrik, hal ini memang cukup sulit mengingat Indonesia memiliki yang cukup luas, akan tetapi PLN dapat memanfaatkan cabang PLN daerah guna  mensosialisasikan hal tersebut, di mulai dari hal yang terkecil yaitu dengan membuat seminar-seminar di sekolah, kampus dan lain sebagainya.

Demikian artikel singkat yang saya tulis, saya ucapkan selamat Hari Listrik Nasional ke 69, semoga dengan bertambahnya usia semakin, jaya dalam menerangi tanah nusantara.
Semoga artikelnya bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari kita budayakan komentar yang baik dan mendidik tidak terdapat unsur sara dll...Terimakasih atas kunjungannya.
Best Regards,
addekurniawan.blogspot.com