Jumat, 19 September 2014

Digital Revolution

1 komentar :
Oleh Ade Kurniawan
Email : ade.curniawan@gmail.com

Masa depan adalah apa yang akan terjadi pada masa selepas masa kini. Kedatangannya dianggap tidak terelakan karena adanya waktu dan hukum-hukum fisika. Karena sifatnya jelas, realitas dan unavoidability di masa depan, segala sesuatu yang saat ini ada dan akan ada di masa mendatang, baik itu termasuk dalam kategori permanen maupun sementara.(eng.wikipedia.org)
Sedangkan Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ; 1) Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan 2) Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Dari kedua definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa masa depan teknologi adalah metode ilmiah yang diciptakan untuk tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan guna menyediakan sarana yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia di masa mendatang.
Berbicara mengenai teknologi secara otomatis terbesit dalam benak saya mengenai alat-alat canggih seperti; komputer, ipad, telepon pintar(smartphone) atau jenis teknologi modern lainnya yang menemani disepanjang perjalanan dinamika kehidupan kita, semua itu tersebar luas diberbagai lapisan masyarakat dari perkotaan sampai ke pelosok-pelosok.  Eksistensinya menjadi bagian dari hidup manusia masa kini, mampu ditunjukan dengan perkembangan signifikan dari tahun ke tahun. Lembaga survei menyebutkan bahwa perkembangan penggunanaan teknologi di dunia terus meningkat, khususnya di Indonesia sendiri perkembangan tersebut mencapai 30% setiap tahunnya.(Data International Data Corporation, 2013). Lantas bagaimana itu bisa terjadi?(Mari kita bahas…hehee).
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang The future of IT di masa yang akan datang, dimana mesin-mesin pintar, canggih dan modern akan hidup berdampingan dengan umat manusia yang semakin hari semakin haus akan kemudahan-kemudahan dalam segala aspek kehidupan. Perlu diketahui proses penulisan artikel ini saya tidak menggunakan sistem ramalan atau sejenisnya(di kira peramal hehe…), melainkan ditulis berdasarkan sudut pandang opini yang di kolaborasikan dengan hasil analisis saya serta pengalaman membaca dari berbagai sumber terpercaya, karena memang masa yang akan datang dapat diprediksikan berdasarkan dari pola pikir kita kemudian menjadi sebuah tindakan yang berlanjut dan pada akhirnya menjadi kebiasaan sehingga membentuk sebuah karakter yang melekat, karakter inilah jika dilakukan  berulang-ulang akan menentukan kondisi di masa mendatang. Adapun tujuan penulisan  artikel ini yaitu untuk berpartisipasi dalam Blogging Contest yang dilaksanakan oleh STMIK ERESHA, Jakarta, selaku penyelenggara kontest. (check it out.hehee). 

Eresha School, Blogging Contest

Perkembangan teknologi modern di dunia ini pada dasarnya sudah di kenal sejak beberapa tahun silam yaitu ketika di temukannya komputer generasi pertama oleh seorang matematikawan dari Inggris yang bernama Charles Babbage, saat itu komputer berukuran sangat besar dan berfungsi hanya untuk alat menghitung. Seiring berjalannya waktu di kembangkan komputer tersebut sehingga tercipta generasi-generasi selanjutnya dengan memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda-beda di mulai dari generasi kedua dengan ukuran lebih kecil, daya listrik yang lebih sedikit serta memiliki fungsi lebih banyak dari generasi pertama, begitu juga generasi ke tiga dan seterusnya yang terus berkembang dari generasi-generasi sebelumnya.
Komputer yang kita nikmati saat ini merupakan hasil dari proses perkembangan dari generasi ke generasi, jika kita menganalisis perkembangan tersebut kita akan melihat komputer yang kita gunakan sehari-hari sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya baik dari segi ukuran maupun fungsinya,  komputer yang tadinya berukuran besar kini berukuran lebih kecil(Mini Komputer) dan bisa di bawa kemana saja, sedangkan jika di lihat dari segi  fungsinya,  yang sebelumnya hanya sebagai alat hitung kini berkembang menjadi mesin multifungsi dan dapat diterapkan diberbagai bidang sesuai dengan kebutuhan seperti; dalam bidang bisnis, komputer bisa di gunakan untuk melihat harga saham, data karyawan, penghitungan laba dan ruginya suatu usaha, sedangkan bidang pelayanan publik komputer juga bisa di manfaatkan untuk melihat perkiraan cuaca, data penduduk dan pembuatan tiket elektronik(e-ticket) untuk pesawat, kereta dan bus, selain itu dalam bidang informasi, komputer bisa menjadi rujukan guna mencari berbagai informasi secara cepat, aktual serta akurat dan masih banyak lagi, semua itu adalah bagian terkecil dari perkembangan teknologi modern dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa kita hentikan kemajuannya, tentu saja hal ini akan terus berkembang seiring berjalannnya waktu.
 Jika kita membahas tentang  proses perkembangan teknologi modern, rasanya kurang adil apa bila hanya mengulas tentang perkembangan komputer saja tanpa melihat jenis perkembangan teknologi modern yang lain sepeti smartphone, tablet dan teknologi modern lainnya yang saat ini merajai pasar teknologi modern di dunia khususnya di Indonesia.
Indonesia akan terus menjadi pasar yang menggiurkan bargi para produsen asing untuk mengembangkan bisnisnya. Tercatat, pada 2013 Indonesia  merupakan pasar smartphone trbsesar di Asia Tenggara dengan total penjualan mencapai 14,8 juta unit atau senilai USD 3,33 miliar setara Rp 39,4 triliun.
Menurut penyelenggara Cellular Show 2014, Dyndra Promosindo, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/6/2014), dengan angka itu, Indonesia berkontribusi sekira 30 persen bagi penjualan Smartphone di Asia Tenggara, diikuti Thailand dan Malaysa, mengutip  laporan  lembaga riset GPK Asia. (techno.okezone.com, 2014)
Sebagai tambahan dari BBC Indonesia, (Kamis 5/6/2014), Indonesia menempati urutan teratas di dunia dalam penggunaan ponsel pintar dengan waktu pemakaian rata-rata 181 menit per hari. Hal itu diungkapkan dalam penelitian oleh lembaga survei di Amerika Serikat, bahwa orang Indonesia saat ini tengah keranjingan teknologi smartphone. (techno.okezone.com, 2014)
Dari Data diatas menunjukan betapa cepatnya perkembangan teknologi modern di Indonesia setiap tahunnya, hal ini juga dapat di rasakan dari kehidupan kita, sebagai contoh bagi anda yang terlahir tahun 2000 ke bawah mungkin masa kecil anda akan sangat jauh berbeda denganmasa kecil adik, keponakan atau tetangga anda yang terlahir di era digital tahun 2000 ke atas, pada waktu itu telepon genggam,  tablet, televisi, laptop dan jenis teknologi modern lainnya menjadi barang asing yang jarang anda temukan atau mungkin tidak pernah anda temukan, sedangkan di era digital yang semakin deswasa ini semua itu dengan mudah mereka jumpai di kehidupan sehari-hari, bahkan untuk beberapa kasus di lapangan ada beberapa jenis teknologi modern yang sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki dan sudah melekat dikehidupan masyarakat seperti ; telepon genggam, laptop dan lain sebagainya.
Melihat dari fenomena diatas jika hal ini terus berkembang di Tanah Air bukan tidak mungkin 30 sampai 50 tahun yang akan datang bangsa ini akan mengalami Revolusi Digital yang besar dan sangat berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat luas, selain itu sifat ketergantungan terhadap teknologi akan semakin berkembang dan akhirnya teknologi akan menjadi bagian utuh dari hidup manusia dan tidak dapat di pisahkan satu sama lainnya, masa ini akan menjadi abad terunggul dari sebelumnya khususnya dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. tentu saja itu terjadi tidak secara sendirinya melainkan karena adanya pola sebab dan akibat, yang terjadi terus menerus melalui proses yang cepat dan dapat di uraikan secara ilmiah berdasarkan fakta di lapangan, istilah tepat yang bisa kita tarik untuk menggambarkan keadaan ini yaitu tidak akan ada asap jika tidak ada api artinya hal itu tidak akan terjadi jika tidak ada orang yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah satu penyebab yang bisa saya ambil berdasarkan analisis di lapangan dan sekaligus sebagai batasan penulisan artikel ini yaitu karena adanya  problematika dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks seiring dengan pola pikir manusia yang lebih kritis di berbagai bidang dimulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan keamanan serta kenyamanan, hal ini membuat setiap insan berpikir keras bagaimana cara untuk menemukan solusi atas problematika tersebut, sehingga lahirlah inovasi-inovasi tekhnologi mutakhir yang di rancang dan di produksi khusus serta disesuaikan untuk kebutuhan umat manusia. 
This is the digital revolution, revolusi terbesar dibidang teknologi informasi, segala kesulitan yang dialami oleh manusia akan mengalami proses metamorfosis yang abstrak dan pada akhirnya akan keluar berbagai kemudahan-kemudahan yang konkret, inilah perubahan terbesar disepanjang sejarah dimana logika dan ilmu pengetahuan teknologi informasi saling berintegrasi menjadi satu kesatuan yang utuh, sehingga menghasilkan smart mechine yang siap menjadi bagian dari penghuni bumi di masa mendatang. Berikut saya paparkan inovasi-inovasi teknologi mutakhir beserta penerapannya di masa yang akan datang  :

1.      Pendidikan



Pendidikan berkualitas adalah akar kemajuan disegala bidang, karena dengan pendidikan berkualitas seseorang akan mendapatkan proses pengajaran dan hasil yang berkualitas pula, salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan jaman di tempat-tempat pendidikan seperti; taman kanak-kanak, sekolah dan kampus. salah satu inovasi teknologi yang diterapkan pada aspek ini seperti; Blackboard Touch Screen yaitu papan tulis sentuh canggih yang memiliki fungsi lebih banyak dari papan tulis biasa, selain sebagai media tulis menulis bagi para pengajar, alat ini juga mampu menyimpan berbagai data akademik seperti; Data Mata Pelajaran, Absensi, Penilaian serta data lainnya, selain itu Meja Digital siswa yang bisa digunakan untuk merekam semua mata pelajaran serta baling-baling anti mencontek yang memiliki kamera untuk memantau jalannya ujian di kelas dan fasilitas lainnya.

2.      Pertanian



Para petani yang hidup pada masa kini tampaknya tidak perlu bersusah payah untuk melakukan aktifitas-aktifitas pertanian seperti; menanam padi, membasmi hama, panen dan sebagainya, karena penerapan teknologi pada bidang ini akan sangat membantu mereka dalam melakukan kegiatan pertanian. Salah satu inovasi teknologi untuk bidang ini adalah Robot Petani, robot ini mampu melakukan berbagai aktifitas pertanian pada umumnya.

3.      Perusahaan dan Industri



Pernahkah anda berpikir,  apa yang akan terjadi jika semua perusahaan di Indonesia menggunakan sistem tenaga mesin? Bukankah tingkat pengangguran pasti akan meningkat drastis? Jawaban tersebut akan terjawab di masa depan, penerapan inovasi teknologi di perusahaan-perusahaan seperti; robot pelayan, robot pabrik dan industri serta mesin pintar lainnya akan sangat diperhitungkan, karena selain tenaga yang dianggap cukup efisien dibandingkan dengan tenaga manusia, biaya yang dikeluarkan akan menjadi relatif lebih murah, karena para pemilik perusahaan tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk gaji para karayawannya, melainkan mereka hanya perlu sedikit menganggarkan dana untuk biaya perawatan mesin-mesin tersebut, sehingga hal ini akan menekan kerugian pada perusahaan mereka.

4.      Pelayanan Publik



Orang-orang yang lahir pada masa ini akan dimanjakan dengan segudang sarana umum yang super cepat, praktis dan modern, karena aspek ini merupakan bidang yang di prioritaskan dalam pengembangan penerapan teknologi dimasa depan, karena hal ini berkaitan dengan kebutuhan orang banyak, sehingga kemajuannya akan terus diperhatikan, salah satu inovasi teknologi dalam kategori ini yaitu kereta yang mampu menempuh jarak puluhan mil hanya dalam beberapa menit, bis tanpa awak serta pelayanan lainnya, pada akhirnya para pengguna fasilitas umum tidak perlu khawatir dalam hal kenyamanan, kemudahan dan kecepatan khususnya ketika akan berpergian jauh dalam kondisi darurat.

5.      Hiburan



Ketika duduk dibangku Sekolah Dasar saya gemar menonton sebuah kartun robot animasi, sebuah kartun yang sangat populer pada waktu itu, masih ingat dalam benak saya pada kartun tersebut terdapat cuplikan yang mempertontonkan bagaimana robot-robot yang kaku namun pandai mampu menari dan bernyanyi dengan baik, tiba-tiba terbesit di benak saya, apakah ada robot nyata yang bisa melakukan itu? Nampaknya pertanyaan saya akan terjawab di masa mendatang, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan melahirkan mereka di jagat hiburan. Inovasi teknologi diterapkan dalam bidang ini seperti ; robot actris yaitu robot yang bisa melakukan berbagai macam aksi hiburan panggung seperti; menari dan menyanyi layaknya aktris sesungguhnya.

6.      Misi Tentara



Sepintas saya teringat dengan sebuah film luar negeri yang mengegerkan para pencinta hiburan tanah air sekitar tahun 2008 yaitu transformer, film yang mengisahkan tentang robot-robot yang berperang dengan robot lainnya untuk suatu misi. Tapi pada kali ini saya tidak akan membicarakan terlalu lebar tentang film dengan tingkat visualisai tinggi tersebut, karena kita akan membahas tentang robot-robot army nyata yang hidup dimasa depan. Penerapan teknologi pada bidang ini digunakan untuk membantu para tentara dalam melakukan berbagai tugas tentara seperti ; intelejen, pelacakan musuh hingga perang besar, hanya dengan system kontrol canggih para tentara mampu mengendalikan robot-robot pintar untuk melakukan misi-misi tentara dari jarak puluhan kilometer.

7.      Sosial dan Budaya



Berbicara mengenai Sosial dan Budaya itu sangat luas, walau gimanapun hal itu mencakup semua hal dalam kehidupan kita di masyarakat, dari mulai pola pikir, tindakan, adat-istiadat dan norma-norma lainnya, semua itu termasuk kedalam bagian dari sosial dan budaya. Penerapan teknologi pada bidang ini sangat krusial, kenapa saya katakan demikian, karena hal ini akan sering orang jumpai dikehidupan sehari-hari, oleh karen itu baik dan buruknya pengaruh teknologi akan berimbas langsung pada masyarakat, tetapi tentu saja hal itu kembali pada manusia itu sendiri, namun yang pasti hadirnya inovasi teknologi tersebut akan mengobati rasa haus masyarakat akan kemudahan-kemudahan dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. salah satu inovasi yang diterapkan dalam aspek ini seperti ; Mobil tanpa awak, motor terbang, koran elektronik(e-paper), kecamata tembus pandang, dan peralatan teknologi canggih lainnya.

Demikian beberapa penerapan inovasi teknologi mutakhir di masa depan, walau gimanapun semua itu tidak terlepas dari campur tangan manusia, semua yang ditorehkan oleh manusia pada akhirnya akan kembali kepada manusia itu sendiri, oleh karena itu peran serta manusia yang sejatinya menjadi khalifah di alam ini diharapkan terus mampu mengendalikan dunia sesuai dengan tanggung jawabnya, jangan sampai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi justru menutup mata dan hati kita untuk terus belajar dan memperbaiki diri demi keberlangsungan kehidupan  manusia di masa mendatang. Semoga artikel ini bisa mengilhami kita semua.

Wallahu a’lam bish shawab

1 komentar :

Mari kita budayakan komentar yang baik dan mendidik tidak terdapat unsur sara dll...Terimakasih atas kunjungannya.
Best Regards,
addekurniawan.blogspot.com