Jumat, 09 September 2016

LogBook #3

Tidak ada komentar :

LogBook #3, 06 September 2016

What's up guys?
i wish you're good,
i have amazing day, you should have amazing day...:)

Nao is Lumen Robot Friend in ITB
Selasa, 06 September 2016, kami melakukan briefing dengan pembimbing penelitan bertempat di LAB LSKK ITB, karena hari kemarin tidak jadi diskusi disebabkan oleh beberapa kendala, untuk mengetahui kendala tersebut, (klik disini untuk melihat postingan LogBook #2),

Diskusi tersebut dihadiri oleh Pak Marzuki dan Bu Maria, mereka selaku pembimbing disini, dan 2 team penelitian TA Lumen Robot Friend, yaitu Team Tari Lampung, dan Team Visual yang tergabung dalam 1 topik penelitian yaitu Machnine Perception.

Berikut ini pembahasan diskusi tersebut :
Nao also known as Lumen Robot Friend in ITB.

NAO adalah robot humanoid berukuran sedang yang otonom dan dapat diprogram, yang dikembangkan oleh Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan startup dari Perancis yang berkantor pusat di Paris. Proyek NAO diluncurkan pada tahun 2004. Pada tanggal 15 Agustus menggantikan robot anjing milik Sony yaitu Aibo sebagai robot yang digunakan dalam kompetisi Liga Platform Standar (LPS) pada Piala dunia sepak bola robot (Robo Cup), suatu kompetisi robotika internasional.untuk info lebih jelas silahkan kunjungi website resminya https://www.ald.softbankrobotics.com/en, di ITB sendiri NAO dikenal dengan nama "Lumen Robot Friend", pusat ini penelitian robot ini dilakukan di Gedung Achmad Bakrie, Lantai 2, Lab. LSKK, ITB, untuk lebih jelasnya bisa kunjungi website resminya, http://lumen.lskk.ee.itb.ac.id/.

Lumen Robot Friend memiliki banyak modul penelitian seperti : visual yang berkaitan dengan input data baik itu dari gambar(Image Processing), Suara(Audio Processing) dan lain sebagainya, Motion yang berkaitan dengan gerakan/sistem kendali dan lain sebagainya, Seluruh bidang penlitian ini tergabung dalam penelitian besar yang dinamakan "Macine Perception". 

"Machine perception is a rapidly developing exciting field with a wealth of applications available as well as those still to come. This course will cover in depth the mathematics and basic techniques of computer vision which are widely used in a broad spectrum of modern applications" sumber : https://www.fri.uni-lj.si/en/education/10495/class.html

Sesuai penelitian-penelitian pada umumnya, biasanya seorang peneliti memiliki target khusus yang ingin dicapai dalam penelitiannya, begitu juga dengan kami, dalam penelitian ini kami memiliki Big plan yang secara singkat akan diterangkan dalam tabel berikut ini:
ini adalah Big Plan kami dalam penelitian TA ini yang tergabung dalam beberapa Team :
No
Target
Keterangan
1
Robot mampu melakukan tarian khas lampung
3 Bulan
2
Robot mampu mengoreksi gerakan tarian yang benar, jika melihat adanya kesalahan gerakan pada orang yang memperagakan
3
Robot mampu memberikan persepsi dimana dia sedang berada
4
Robot mampu mengenali objek yang dideteksi yang ada disekitarnya
 

Sekian LogBook #3 yang saya rangkum secara singkat,

Thankyou for your attention.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari kita budayakan komentar yang baik dan mendidik tidak terdapat unsur sara dll...Terimakasih atas kunjungannya.
Best Regards,
addekurniawan.blogspot.com